Rabu, 06 Juni 2012


Tanggal 6 Agustus Sebagai Hari Buruh Internasional


Hari besar biasanya selalu di peringati dengan sedikit perayaan - kalo tidak mau dikatakan dengan melakukan hal hal yang kurang ada artinya. Termasuk dengan peringatan Hari Buruh Internasional yang jatuh tanggal 1 Mei atau lebih familiar dengan slogan MayDay. Bahkan di beberapa daerah yang merupakan kantung kantung kawasan industri, sudah menjadi sesuatu yang jamak apabila di "rayakan" dengan melakukan demonstrasi, unjuk rasa, mogok kerja- atau apa saja sebutannya, yang intinya pada tanggal tersebut digunakan para buruh dan "perangkatnya" untuk menyuarakan dan menuntut hak hak nya. Apakah itu salah ? Silahkan anda nilai sendiri.
Sebenarnya apa yang mendasari sehingga 1 May selalu diperingati sebagai Hari Buruh dan bagaimana sebenarnya sejarah peradaban manusia melihat hal ini ?
Berikut saya coba jelaskan paparan sejarah sepengetahuan saya.
Hari Buruh berawal dari ketidakpuasan pekerja di AmerikaSerikat tahun 1886 terkait jam kerja yang 20 jam sehari [ artinya employ  hanya bisa beristirahat 4 jam dalam 24 jam siklus hari – yang berarti kira kira pekerja mulai bekerja dari jam 4 pagi dan baru bisa beristirahat jam 24 lepas malam ], dan disahkan menjadi hari buruh internasional tahun 1890 tanggal 1 May dalam Konferensi  Internasional Ketenagakerjaan ..Barat bener bener menjadikan manusia sebagai budak. Seperti halnya yang sering kita saksikan di film film dokumenter ataupun sejarah peradaban manusia bahwa budak tidak lebih seperti halnya robot yang di sematkan nyawa padanya. Bahkan untuk menggaruk bagian tubuhnya yang terasa gatalpun butuh izin dari tuannya. Begitu bejatnya dan kejinya waktu itu. Bahkan jauh sebelum masa itu di zaman kerajaan kerajaan Indonesia kuno ada yang sebut dengan kasta " Paria "  di mana manusia dianggap sama dengan binatang dan tidak diakui keberadaannya. Paria mengalami diskriminasi dan penderitaan yang sangat sulit pada masa itu.
 Saya tidak mendebat tentang sejarah kelam Barat dalam memperlakukan para pekerjanya. Karena begitulah mereka sampai saat sekarang.
Saya hanya kurang sependapat dengan tendensi yang diagendakan dengan menjadikan tanggal  1 May sebagai Hari Buruh Internasional.
Coba kita tengok sejarah awal mula siapa yang menghilangkan perbudakan dalam sejarah peradaban manusia.
Raja  Majapahit ? Tidak
Para Kholifah Islam ? Tidak Juga
Revolusi Industri ? Tidak juga
Jawabannya adalah Nabi Muhammad SAW.
Sejak 6 Agustus tahun 611 saat Rasululloh Muhammad diangkat menjadi Rasul, yang namanya perbudakan ditiadakan . Hal hal yang berkaitan dengan jam kerja juga diatur secara tersurat dalam Kitab Suci. Silahkan anda baca di Alquran  "Carilah rizkimu diwaktu siang dan pergunakanlah malammu untuk berbadah dan berisitirahat"
Sekarang coba kita bandingkan : Lebih Maju mana Islam dengan Barat ? Islam menghapuskan perbudakan tahun 611 M dan Barat baru tahun 1890 ?
Jelas ..  Islam lebih maju 1279 tahun dalam memperlakukan kaum buruh.
Pertanyaannya : Mengapa kita malah mengikuti dan mengamini Amerika yang nyata nyata budayanya bobrok dari dulu sampai sekarang?
Saya pribadi tidak setuju hari buruh di tanggal 1 mei, tetapi lebih setuju tanggal 6 Agustus sejak Rasul Muhammad diangkat menjadi Rasul Pesuruh Alloh..



1 komentar: