Minggu, 30 Desember 2012

Modifikasi Velg dan Ban Nissan Grand Livina

Alhamdulillah..setelah sekian lama ngga nulis lagi, kini saatnya mbuat tulisan mengenai modifikasi ban dan velg lagi...Alhamdulillah 13 November 2012 unit Nissan Grand Livina XV Automatis yang dipesan dikirim oleh dealer dengan kondisi yang siap pakai..dan sebagai tambahan info bahwa GL yang di pesan adalah GL dengan minor change yang berjudul  New Grand Livina dengan opsional tambahan Driver Airbag, ABS, ABD dan BA. Pada model ini juga ada perubahan fascia grill depan berupa HWS Grill Model. Cukup keren lah ya...
New Nissan Grand Livina dengan grill depan mengadopsi dari High Way Star

Tetapi seperti biasa bahwa minor change hanya merubah tampilan dan sedikit assesoris safety..dan untuk urusan lainnya, misal ukuran ban, interior dan garnish , semuanya sama, persis plek dengan model sebelumya.
Pasang Rear Spoiler..ini OEM Bos..dipasang sama subcontnya dealer bos..

Untuk menambah kenyamanan maka saat deal dengan sales marketing, diminta untuk penambahan optional sarung jok dan rear spoiler, dengan kompensasi untuk 2 item tersebut Rp 1.100.000..cukup lah...alhamdulillah..
Seperti kebiasaan yang sudah sudah, bahwa kalo beli mobil langsung di longok kolong ban..dan ternyata GL dengan ban standart Ring 15 dengan profil ban 185 - 65 PCD 4 114,3 [ common dengan avanza xenia Old maupun New]  masih menyisakan ruang yang cukup lebar untuk mengakomodir kebiasaan kurang terpuji, yaitu ganti velg dan ban..
Tuh kan..masih 1 jempol lebih kan jaraknya..ini yang bikin nafsu..wkwkwkwkwk

Browsing kesana kemari, nanya kesono sini [ ibarat pepetah malu bertanya sesat di jalan, tanya terus terusan memalukan ...wkwkwkwkwk ], akhirnya datanglah ke showroom ban velg di bilangan Kebun Jeruk dan dapatlah ban yang di cari..
Perubahan yang dilakukan ini tanpa merubah lowering kit bawaan alias shockbreaker masih satandart bro, maklum bajet nya cupet alias mepet, sehingga hanya ban velg aja yang diganti..Sebenarnya ada banyak pilihan ban velg untuk mengakomodir ruang fender nya GL, tapi tentunya dengan pertimbangan jangan sampe mengorbankan kenyamanan, maklum bos masih punya anak bayi umur 5 bulan. Jadi pertimbangannya agar anak anak masih bisa tidur nyenyak saat ban menggilas jalan yang gompal alias berlubang.
Pilihannya banyak coy, antara lain :
a. Pake Velg R17 Lebar 7  ET 42 - 45 dengan ban 215 - 45
b. Pake Velg R17 Lebar 7,5 ET 40 dengan ban 215 - 50 [ Ini sebenarnya top choice tapi harus manasin fender agar ga mentok fender ]
c. Pake Velg R17 Lebar 7 ET 42 dengan ban 205 - 50
d. Pake Velg R17 Lebar 7,5  ET 42 dengan ban 205 - 50 [ rata fender alias pas banget ]
e. Pake Velg R18 Lebar 8  ET 42 dengan ban 215 - 40
f. Dan lain lain dengan batasan Lebar ban 215 dan Diameter ban menjadi maksimal 64,7 Cm.
Lebih dari 64,7 mentok di lower spring seat bos, bahasa bengkelnya mangkokan shockbreaker.
Sebenarnya pake velg R18 series atau R19 series juga masuk bos..tapi harus ada yang di korbankan..wkwkwkwkwk_kayak hari raya kurban aja ya....
Seperti tulisan diatas bahwa modifikasi ini tanpa ada perubahan sama sekali antara lain, manasin fender, ngganti lowering kit, motong per dan lain lain, maka di sepakati ukuran ban yang di sematkan adalah 205 - 50 dengan velg palang 5 white polish ukuran R17X7,5 ET 42. Cukup nyaman lah....meskipun masih kelihatan cupu sih...
Ini penampakan ban dan velg setelah di ganti..maknyuss kan..???

Langsung di pasang, langsung dibayar, langsung di test drive dan ternyata hasilnya maknyusss bos..mantab..grip ke aspal nambah bagus, handling lebih nyaman, dan yang pasti fender jadi ga bolong lagi sih...
Sekedar tau aja nih..perubahan dari velg standart ke velg aftermarket ini nambahin diameter ban dari asal 62,15 cm menjadi 63,68 artinya ada nambah 1,53 cm. Sekali lagi..cukup lah...
Ini penampakan utuhnya..kata juragan ban nya..kayak mau upacara 17 an aja bajunya putih celananya putih...paskibra tak iye...wkwkwkwkwk

Dari hitungan kalkulator ban di peroleh koreksi kecepatan yang terbaca di odometer apabila mobil melaju 100 km/jam itu artinya di mobil standart sudah melaju dikecepatan 102 km/jam. Berarti juga kalo kita jalan di kecepatan 130 km/jam, mobil standart harus mbejek gas denga kecepatan 133 km/jam sehingga kecepatannya menyamai mobil kita.

Gitu aja bro..moga moga manfaat..
Baarokallaahu fiikum









7 komentar:

  1. harga velg dan ban keseluruhan nya brp gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. variatif bos..kalo pake replika kayak punya saya ban accelera + velg replika autospeed kurang lebih 4.5 juta + 3,6 juta = 8,1 jutaan lah bos..

      Kalo bos minat boleh kok tuker ama velg saya..

      Hapus
  2. Halo mas Afif.. thx bgt info modif velg n ban GL nya sangat berguna.. Mau tanya nih, kalo velg tetep ring 15" ukuran ban maksimaldgn tinggi profil brpa ya bisa masuk? thx bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling ideal pake 195-65-15 bos..enak banget tuh

      Hapus
  3. bang Arif klo mau pake ring 19 apa yang dikorbankan__ban tebal 35 atau saran dong???

    BalasHapus
  4. menurut om, kalo di masukin 205/65 R15 (peleg std) muat ga... aku itung di angka diameter 64.75 (nambah 2.6cm diameternya) GC naik 1.3cm (tujuan utama naikin GC) soalnya jakarta akhir2 ini sering banjir..

    BalasHapus
  5. Om afif mau tny livina x gear sy dg velg standar...maksimal ukuran brp yg bisa masuk, apakah 195/65R15 atau 205/60R15. Maksud sy biar penuh dan gak mentok fender dan naikin tinggi dari tanah....terima kasih

    BalasHapus