Jumat, 08 Juni 2012

PEMAHAMAN SEDERHANA MENGENAI FINANCIAL MANAGEMENT


Di tulisan saya kali ini saya akan mencoba sharing mengenai financial management sederhana yang mungkin sebagian dari kita masih menyandarkan pada prinsip bahwa orang yang kayalah adalah orang yang bebas secara financial. Menurut saya tidak selamanya benar tapi memang rata rata mendekati premis tersebut. Silahkan anda tambahkan apabila anda mempunyai pemahaman yang lebih detail. 

Memahami definisi financial freedom secara sederhana akan memudahkan  anda dalam mencapai "maqom" keberhasilan dibidang keuangan/financial yg sesungguhnya.
Pemahaman tersebut adalah pemahaman terhadap konsep Pasive Income & Financial Freedom

1. Pasive Income : berarti apabila seseorang yang tidak usah bekerjapun atau tidak perlu hadir di tempat usaha, uang atau pemasukan tetap ada setiap bulannya. Atau bisa jadi orang lain yg bekerja kita tinggal terima hasilnya .
Contoh :
Pemilik kontrakan , Pemilik pom bensin , Pemilik ruko dll

2. Financial Freedom : berarti seseorang yang dalam mencukupi segala keperluannya atau pengeluaran bulanan tidak lebih besar dari income yang diperolehnya dan seseorang tersebut bisa dengan leluasa menikmati kekayaannya dengan leluasa .
Contoh :
A berpenghasilan per bulan 3 juta dan berpengeluaran per bulan 2 juta [ termasuk kewajiban terhadap diri, keluarga, dan lingkungannya ]
A bisa dengan leluasa menikmati kekayaannya tanpa harus dibatasi oleh oranglain.
Selain itu A bisa menabung 1 juta/bulan .

B berpenghasilan per bulan 10 juta dan berpengeluaran per bulan 10,1 juta [ termasuk kewajiban terhadap diri, keluarga, dan lingkungannya ].
B juga harus melaporkan keberadaannya dengan oranglain semisal diatur oleh orang yg lebih tinggi jabatannya di tempat dimana ia bekerja .
Selain itu B defisit atau menarik tabungan  100.000,00/bulan untuk menutup kebutuhannya.

Dari contoh diatas dapat disimpulkan bahwa tidak berarti B bebas secara financial dibandingkan dengan A. 
Artinya bukan berarti orang yg memiliki income besar selalu bebas secara finansial atau sebaliknya bahwa orang yg berpenghasilan lebih kecil tidak bisa mencapai "maqom"  financial freedom.

1 komentar: